Manfaat mahkota dewa | manfaat buah mahkota dewa | kegunaan mahkota dewa

Mahkota dewa dewasa ini semakin populer sebagai tanaman dengan khasiat obat. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa lembaga seperti UI dan UGM menunjukkan bahwa secara ilmiah, mahkota dewa memang mengandung zat-zat yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagaimacam penyakit.

Manfaat mahkota dewa yang paling ringan adalah sebagai zat antihistamin atau anti alergi. Zat anti alergi yang terkandung dalam mahkota dewa bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit karena alergi  seperti exim, gatal-gatal karena racun ulat bulu atau alergi yang lain.

Khasiat mahkota dewa
Pemanfaatan mahkota dewa yang paling umum adalah dengan cara mengekstrak daun atau daging buahnya untuk diseduh menjadi teh mahkota dewa atau dikemas dalam kapsul.
Ekstrak daging buah mahkota dewa mengandung  alkaloid yang berfungsi sebagai  zat penetralisir racun-racun dalam tubuh . Selain itu juga terkandung senyawa saponin atau deterjen alami yang berfungsi sebagai zat anti bakteri dan virus.

Manfaat mahkota dewa yang paling dicari orang adalah sebagai obat  kanker. Ekstrak mahkota dewa mengandung  flafonoid yang bersifat sitotoksik yang dapat menghambat perkembangan sel hela (sel kangker pada rahim).

Nah, bukankah negeri kita ini telah dikaruniai Allah berbagai macam tumbuhan berkhasiat yang luar biasa dan berbagai macam jenisnya seperti mahkota dewa yang berkhasiat menyembuhkan kanker rahim?.  Mari kita jaga , manfaatkan dan lestarikan keanekaragaman hayati  Indonesia. J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar nya, apa pun komentar Anda akan saya terima dengan senang hati