Manfaat kayu manis - manfaat kayu manis untuk diabetes – manfaat kayu manis untuk kesuburan – manfaat kayu manis dan madu

khasiat kayu manis dan madu
Khasiat  kayu manis ternyata bukan hanya sekedar sebagai bumbu penyedap masakan saja. Ada beberapa manfaat kayu manis yang bias kita ambil untuk kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa khasiat kayu manis bagi kesehatan.

Manfaat kayu manis untuk diabetes
Kayu manis memiliki efek biomolekuler bagi pangkreas. Kayu manis mengandung PTP1B yaitu senyawa kimia yang berfungsi mengaktifkan sel beta  di pangkreas yang bertugas menghasilkan hormone insulin.
Selanjutnya insulin akan membuka pintu sel darah merah sehingga gula bisa masuk dan diubah menjadi energi. Penderita diabetes tipe sensitivitas tubuh terhadap insulin berkurang sehingga kadar gula darah tetap tinggi karena tidak bisa masuk ke dalam sel.

Senyawa PTP1B juga akan bekerja di sel alfa yang berfungsi membantu hati menghasilkan glikogen. “Sel ini mengubah gula menjadi glikogen atau cadangan energi,” kata Amarullah, pakar pengobatan naturopati.
Ia menambahkan, berbeda dengan obat-obat diabetes langsung menurunkan gula darah, obat herbal seperti kayu manis bekerja dengan cara mengoptimalisasi fungsi organ tubuh yang masih baik. “Kenaikan kadar gula darah hanyalah simptom dari gangguan insulin. Sumbernya merupakan pankreas yang bermasalah. Karena itu, fungsi pankreas harus diperbaiki,” katanya.

Manfaat kayu manis untuk kesuburan
Khasiat kayu manis untuk memperkuat rahim telah diketahui para wanita di Jepang dan China sejak berabad-abad yang lalu. Resep kayu manis untuk memperkuat rahim adalah dengan meminum ½ sendok bubuk kayu manis dengan 1 sendok the madu.

Manfaat kayu manis dan madu
Kayu manis dan madu  jika dikonsumsi secara bersamaan bisa berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.  Campurkan 2 sendok makan madu, 3 sendok makan bubuk kayumanis ke dalam satu cangkir teh. Minum 3x sehari. Selain menurunkan kadar kolesterol, campuran kayu manis dan madu juga bisa mengurangi kadar lemak dalam tubuh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar nya, apa pun komentar Anda akan saya terima dengan senang hati