Operasi Colostomi ke-3 Anin

Alhamdulillah nduk, akhirnya operasinya selesai juga. Anin sejak lahir memang memiliki kelainan bawaan yaitu tidak mempunyai lubang anus yang dalam bahasa kedokteran disebut "atrisia ani". Untuk bisa memulihkan keadaannya seperti anak-anak normal, harus dilakukan operasi pembuatan lubang anus buatan. Memang waktu pertama kali mengetahui kelainan pada anak kami yang ke dua ini, saya dan istri saya merasa seperti "kejatuhan langit". Beban itu terasa begitu berat, tapi syukurlah Allah SWT masih memberikan ketabahan dan kesabaran kepada kami dalam menghadapi ujian ini.

Kami membawa anin ke dokter spesialis bedah di Bengkulu, tapi karena keterbatasan peralatan dan tenaga spesialis bedah khusus anak, maka kami disarankan untuk membawa Anin ke Jakarta atau ke Jogja. Setelah berunding dengan istri, saya setuju membawa Anin ke Rs.Sardjito Jogjakarta. Walaupun baru berumur 5 hari, kami terpaksa membawanya dengan naik pesawat karena perjalanan darat dari Bengkulu ke Jogja terlalu berat untuk bayi baru lahir selain itu juga terlalu lama, sedangkan Anin juga harus segera ditangani.

Kami ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh dokter dan staf  unit Perinatal Rs. Sardjito yang penuh dedikasi dan profesionalisme dalam melakukan semua tindakan yang perlu bagi Anin anak kami. Bagian bedah anak Rs. Sardjito Jogja memang yang terbaik di Indonesia. Banyak pasien anak dari seluruh daerah d  Indonesia yang di rujuk ke sana. Tidak semua pasien adalah anak dari orangtua yang mampu, bahkan lebih banyak dari keluarga miskin bahkan di bawah garis kemiskinan. Tapi seluruh dokter dan staf tidak pernah membedakan status sosial pasien atau menanyakan kesanggupan untuk melunasi biaya. Yang mereka utamakan adalah pertolongan secepat mungkin bagi setiap pasien, paling tidak itulah yang saya rasakan selama menunggui Anin.

Operasi pembuatan lubang anus buatan ini dilakukan dalam tiga tahap, tahap pertama adalah pembuatan saluran dari perut, tahap kedua dilakukan sekitar enam bulan setelah operasi ke dua yaitu pembuatan lubang anus buatan, sedangkan tahap ke tiga sekitar enam bulan dari operasi ke dua adalah operasi penyambungan usus dengan lubang anus buatan.

Photo berikut adalah photo pasca operasi ke-3, setelah tiga hari berpuasa, Anin mulai boleh minum susu sedikit demi sedikit. Alhamdulillah sekarang Anin sudah sehat dan normal seperti anak-anak yang lain.






Untuk Anda yang anaknya juga mengalami seperti yang anak kami alami, janganlah putus asa, semua pasti ada jalannya. Usahakanlah untuk ikut asuransi kesehatan untuk keluarga karena hal itu akan sangat membantu pembiayaannya. Cari informasi sebanyak mungkin tentang masalah yang sedang Anda hadapi dan jangan lupa selalu berserah diri kepada Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar nya, apa pun komentar Anda akan saya terima dengan senang hati